SEO on Page: 10 Langkah Optimasi Konten dan Halaman Blog

Hi, Sobat Rahuruss! Dalam Artikel sebelumnya tentang Apa itu SEO, disana ada dua jenis teknik Search engine Optimization yakni SEO on Page dan SEO off Page.

SEO merupakan langkah yang paling penting dalam langkah untuk belajar mengembangkan sebuah blog.

Jika situs web tidak di optimasikan menggunakan metode yang tepat,

bisa di bilang untuk perkembangan website itu sendiri di masa yang akan datang tidak akan terlihat secara signifikan.

Bahkan mungkin saja malah terjadi penurunan.

Seperti yang kita tau teknik SEO sendiri ada 2 macam, namun dalam kesempatan kali ini yang akan saya ulas adalah SEO onPage.

Teknik SEO On Page


SEO On Page

Langkah–langkah SEO On Page pada Blog dilakukan agar situs mempunyai lalu lintas atau traffic yang bagus tentunya juga original dari search engine.

Mungkin dalam Artikel yang saya tulis ini masih belum memberikan kesan yang bagus dalam benak kalian dan saya memohon maaf.

Tapi Postingan ini saya tulis semata-mata agar yang baru mengenal blog bisa mengembangkan web mereka dengan baik.

Dan jika kalian ingin belajar SEO jangan abaikan postingan ini agar situs kalian bisa menjadi lebih bagus lagi kedepannya.

Tips Optimasi SEO on Page Dasar pada Website


Berikut ini adalah tips dan trik tentang bagaimana cara mengoptimalkan blog sobat di mata google, bing atau search engine yang lain.

Silahkan terapkan panduan yang saya berikan ini agar website kesayangan kalian menjadi lebih optimal lagi di mata mesin pencari.

#1. Mengoptimalkan judul pada postingan

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun nyatanya begitu penting untuk optimasi SEO secara on Page.

Jika mengujungi blog kalian sendiri pasti pernah mengalami bahwa judul yang di buat sangat tidak cocok untuk di terbitkan.

Dan hal itu harus segera ditangani dengan mengganti judul lain yang lebih SEO Friendly.

Jadi, Optimasi SEO on Page pada judul halaman sangat penting untuk menaikkan Rangking situs web.

#2. Optimasi Gambar

Jika gambar artikel tidak berkesinambungan dengan postingan blog, itu akan mengurangi visibilitas situs sobat di mesin pencarian.

Alhasil tulisan sobat jadi sepi karena jarang ada orang yang mau klik ke website kalian.

Sebuah gambar juga merupakan peran penting sebagai optimasi SEO on Page pada blog.

Bukan hanya sebagai peningkat konten saja, Sobat harus efektif dalam penggunaan gambar.

Misal jangan lupa memberi Alt Title karena hal ini penting untuk bot pencarian menemukan konten kalian.

#3. Menggunakan Permalink SEO Friendly

Permalink merupakan tautan postingan blog yang sifatnya adalah permanen.

Menggunakan Permalink yang SEO Friendly sangat penting untuk optimasi SEO on Page karna mesin pencari google menjadikan acuan terhadap tautan permanent ini setelah judul.

#4. Setting Custom Robots.txt

Metode ini sangat penting untuk optimasi SEO pada blog kalian. Dengan setting Robots.txt ini maka blog kalian akan lebih mudah untuk crawl oleh robot google.

Fungsi mengatur robots.txt ini untuk mensetting agar halaman blog seperti label tidak perlu di indek oleh mesin pencari.

Untuk menerapkan langkah ini kalian harus hati – hati agar tidak terjadi error pada blog kalian.

#5. Menggunakan Internal Link pada postingan

Menggunakan link internal sebenarnya hal yang mudah di lakukan. Namun, hali ini sangat jarang dilakukan oleh orang yang baru memulai ngeblog.

Itu merupakan sebuah kesalahan.

Internal Link merupakan bagian penting dari SEO on Page, kalian bisa lihat di website – website ternama pasti mereka melakukan cara ini. Selain sebagai optimasi SEO menggunakan internal link juga akan menambah traffic blog kalian.

#6. Mempercepat Loading halaman blog

Jika Kalian sebagai pengunjung dan membuka sebuah situs namun website tersebut lemot atau lama loadingnya pastinya kalian akan segera meninggalkan situs tersebut dan mungkin tidak akan pernah kembali lagi.

Maka untuk memperbaiki masalah ini kalian harus meringkan beban website kalian.

Jika tidak maka ini akan mempengarui lalu lintas atau traffic kalian dan meningkatkan Bounce situs kalian sehingga kalian akan kehilangan pengunjung yang sangat berharga.

Jadi metode optimasi SEO on Page kali ini sangat penting Karna Google juga menyukai website yang dalam loading cepat. Itu akan meningkatkan kualitas situs web kalian.

#7. Share Postingan Ke Media Sosial

Mungkin cara ini tidak efektif buat menaikan ranking secara langsung. Tapi ini akan menjadi rekomendasi dari saya agar kalian lebih giat juga untuk membagikan postingan ke Media sosial.

Karna dengan cara ini situs kalian akan lebih dikenal orang. Tapi jangan menjadi spammer, maksudnya share seperti yang di butuhkan saja.

#8. Submit ke webmaster tools

Melakukan Metode ini merupakan kewajiban bagi seorang blogger. Kenapa? Agar Artikel kalian di index oleh google. Dengan menggunakan langkah ini maka website kalian juga akan cepat terindex.

Kalian bisa daftar terlebih dahulu ke google search console lalu mengirim url ke webmaster tools.

Selain website dan artikel kalian di index, metode ini juga akan memverifikasi apakah website yang kalian gunakan benar-benar milik kalian.

Kalian bisa memilih untuk mengirim peta situs ke google webmaster atau Bing Webmaster tools.

#9. Setting Custom Robot Header tags

Untuk membuat blog kalian lebih SEO Friendly, langkah yang harus dilakukan yaitu menerapkan pengaturan di kalian. Mengatur Custom robot header tag merupakan langkah untuk optimasi sebuah blog.

Jika menggunakan Custom robot header tag dengan benar maka ini akan bermanfaat bagi blog kalian.

Cara setting metode ini sangatlah mudah, Kalian bisa Baca tutorial ini untuk Mengatur Custom Robot Header tag untuk blog kesayangan kalian.

#10. Tulis Artikel Original bukan CopyPaste

Cara ini mungkin sudah banyak yang merekomendasikan, tapi itu merupakan tips yang benar.

Bila kalian mencoba-coba mengcopy-paste artikel orang lain maka kalian akan merasakan dampak dari google dan itu merupakan hal yang berkebalikan untuk menerapkan SEO on Page ini.

Sekarang google sudah canggih kalian tidak akan bisa menipunya, walau sekarangnya aman namun lambat laun google akan juga menyadarinya.

Mungkin segini dulu pembahasan yang bisa saya sampaikan,

bila ada yang ingin di pertanyakan mengenai SEO on Page ini, tulis saja di kolom komentar. Semoga Bermanfaat.

SEO on Page: 10 Langkah Optimasi Konten dan Halaman Blog